Makanan Sehat Teman di Musim Penghujan

Musim penghujan di Indonesia biasanya terjadi pada medio Oktober hingga April. Namun cuaca yang kadang tidak menentu membuat penghujan biasanya datang lebih cepat. Sehingga pada September, hujan terkadang datang tiba-tiba.

Hal ini tentu saja punya dampak yang besar terhadap kesehatan kita. Apabila kita tidak berjaga-jaga, bukan tidak mungkin penyakit musiman seperti influenza yang menyebabkan pilek, demam dan flu datang menerpa. Untuk itu berikut makanan sehat yang dapat mencegah influenza menyerang kita.

Teh hijau
Resiko terkena kanker bisa diturunkan oleh antioksidan EGCG dalam teh hijau. Bakteri dalam usus pun bisa ditahan pertumbuhannya melalui teh yang sangat cocok saat musim hujan ini.

Cabai
Sifat anti kanker juga dimiliki cabai yang kaya akan beta-karotein dan vitamin A. Makanan pedas bisa Anda konsumsi untuk mencegah hidung tersumbat. Kanker prostat pun bisa dicegah selain infeksi pada saluran darah.

Bawang putih
Sistem kekebalan tubuh bisa ditingkatkan oleh bawang putih. Senyawa T-lymphocytes dan macrophages membantu nutrisi baik dalam bawang putih bekerja untuk menangkal virus flu.

Kunyit
Pengobatan tradisional Cina telah menggunakan kunyit selama berabad-abad. Selain mengurangi peradangan, mencegah kanker, dan meningkatkan sirkulasi darah, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Kayu Manis
Antioksidan tinggi dikandung kayu manis. Pembekuan daran dan bakteri akan terhambat oleh rempah-rempah ini. Penyakit lain yang mampu dilawan kayu manis adalah diabetes tipe2, kolesterol jahat serta menstabilkan gula darah.

Ubi Jalar
Penyakit serius seperti Alzheimer, parkinson, penyakit hati, cystic, fibrosis, HIV, kanker, jantung dan diabetes bisa Anda cegah dengan ubi jalar. Glutation yang terkandung dalam ubi jalar merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme nutrisi dan sistem kekebalan tubuh.

Labu Kuning
Vitamin A berasal dari nutrisi dalam antioksidan dan beta-karoten pada labu. Makanlah labu baik konsumsi langsung maupun dalma sayur untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tiram
Zinc atu seng banyak terdapat dalam tiram. Dibanding mineral lainnya, zinc lebih berfungsi pada reaksi enzimatik. Jadi penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Tomat
Kandungan nutrisi pada tomat efektif dalam melawan herpes dan membantu melindungi tubuh terhadap penyakit degeneratif.

Jamur
Selain berguna untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, jamur memiliki nutrisi yang sangat baik untuk mengurangi resiko kanker. Tak hanya itu, sel darah putih pun akan ditingkatkan dan racun dalam tubuh keluar serta kerusakan dari radikal bebas bisa dicegah.

Delima
Cegahlah kanker prostat, paru-paru dan sejumlah jenis kanker lainnya dengan meminum jus delima. Antioksidannya juga baik untuk menjaga kesehatan.

 Pempek

Pempek,apabila kita mendengar nama itu pasti ingatan kita tertuju dengan kota asalnya yaitu palembang ya, pempek memang sudh identik dengan kota yang di belah oleh sungai musi dan di satukan dengan jembatan ampera itu.sebagian besar bahan pembuat pempek adalah ikan laut tenggiri atau ikan air tawar (gabus).menurut para ahli gizi makanan ikan laut /ikan air tawar mengandung omega 3 yang berguna untuk
-pembentukan organ-organ penting seperti otak ,jantung,alat kelamin sistem saraf yang baik untuk ibu hamil ,anak-anak maupun orang dewasa.
-mencegah penyakit jantung
-mengurangi kolestrol yang menyebabkan stroke
ikan laut/ ikan air tawar mengandung vitamin,mineral,protein dll yang baik untuk tubuh. dan ada ikan tertentu yang mengandung albumin yang berguna untuk penyembuhan luka pada kulit.

Roti Maryam/Canai

Roti maryam dan nasi, mana yang lebih sehat?

Beberapa orang Asia mulai menggantikan konsumsi harian nasi merekadengan roti maryam. Mereka menganggap nasi lebih mudah membuat gemuk, makanya roti maryam lebih baik dikonsumsi. Ada juga yang menganggap roti maryam susah dicerna, sehingga makanan pokok terbaik tetap nasi. Sebenarnya, pernyataan mana yang lebih benar? Temukan jawaban mengenai kandungan nutrisi pada nasi dan roti maryam seperti yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

Karbohidrat
Dibandingkan dengan nasi, kandungan karbohidrat pada roti maryam lebih tinggi. Karbohidrat kompleks pada roti maryam itu pun mempengaruhi pencernaan. Jika Anda cukup sulit mencerna, maka sebaiknya Anda makan nasi untuk menghindari masalah kesehatan pada perut.

Rasa malas
Ada orang yang bilang mereka langsung mengantuk dan malas setelah makan nasi. Hal itu disebabkan karena konsumsi nasi meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga yang memakannya menjadi malas. Sementara itu, jika Anda mengonsumsi roti maryam, rasa malas setelah menikmatinya tersebut tidak akan terjadi.

Lemak
Kandungan lemak pada nasi cukup tinggi dibandingkan dengan roti maryam. Sehingga orang-orang yang mengalami obesitas sebaiknya mengonsumsi roti maryam.

Serat
Roti maryam memiliki karbohidrat kompleks sehingga membuatnya lebih berserat daripada nasi. Serat tentu sangat berguna untuk melancarkan pencernaan. Namun sekali lagi, bagi Anda yang mengalami gangguan pada pencernaan, jangan terlalu banyak makan roti maryam.

Roti maryam dan nasi sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan bagi tubuh. Jadikan informasi tersebut di atas sebagai panduan konsumsi tepat baik roti maryam maupun nasi sehari-hari Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s