Sehat Dengan Cokelat

Selain rasanya yang sudah pasti enak, hasil perkebunan yang digemari seluruh penduduk dunia ini ternyata berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang. Coklat mengandung Katekin yang mempunyai kadar antioksidan yang tinggi sehingga mampu menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah risiko penyakit Jantung Koroner dan Kanker. Salah satu fungsi yang tidak kalah penting dari antioksidan adalah mencegah penuaan dini pada kulit yang biasa terjadi karena polusi ataupun radiasi.

Biji Coklat mengandung lemak 31%, karbohidrat 14% dan protein 9%. Protein Coklat kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin, dan tyrosin. Meski Coklat mengandung lemak tinggi tetapi lemak Coklat adalah lemak nabati yang sama sekali tidak mengandung kolesterol. bahkan, sepertiga lemak yang terdapat dalam coklat adalah Asam Oleat yaitu asam lemak tak jenuh. Asam Oleat ini juga dominan ditemukan pada minyak zaitun. Studi epidemiologis pada penduduk mediterania yang banyak mengkonsumsi Asam Oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positif Oleat bagi kesehatan jantung.

Aneka Coklat

Coklat juga mengandung theobromine dan kafein. Kedua substansi ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu ketika kita terkantuk-kantuk di bandara atau menunggu antrian panjang, makan coklat cukup manjur untuk membuat kita bergairah kembali.

Selain itu, Coklat telah dipercaya sebagai Aphrodisiac Food, yaitu makanan penambah gairah, membawa perasaan senang dan gembira pada yang mengkonsumsinya. Sepotong Coklat yang so sweet and melted in your mouth dapat mencairkan suasana yang dingin menjadi hangat dan sangat friendly�.Jadi, jangan pernah lupa membawa Coklat yang sudah Anda beli ketika Anda berkunjung ke rumah seorang teman atau keluarga, sebab sepotong Coklat dapat membawa keakraban dalam setiap pertemuan. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan Phenylethylamine dalam Coklat mirip dengan Amphetanine yang dapat meningkatkan serapan Triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan Dopamine. Dampak Dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat Aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga).

Memang umur manusia Tuhan yang menentukan, tapi tugas kita untuk menjaganya agar tetap sehat dan bebas dari penyakit. Apalagi kalau salah satu caranya hanya dengan menikmati Coklat. Mmm.. berarti sehat itu enak yah?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s