Kacang Mede ? Siapa Takut

Kacang Mede (Mente atau Mete) adalah hidangan populer sebagai kudapan keluarga atau suguhan para tamu. Rasanya yang lezat menyebabkan makan kacang Mede sangat mengasyikkan. Asam Amino yang potensial pada kacang Mede adalah Leusin, Valin, Arginin, Asam Aspartat, Asam Glutamat, dan Serin. Asam Glutamat dan Asam Aspartat sangat berkontribusi penting terhadap timbulnya rasa gurih. Itulah yang antara lain menyebabkan mengapa kacang mete terasa lezat, walau tidak diberi bumbu apa pun. Tapi kadang kita suka merasa takut kalau menyentuh cemilan ini, karena rumor yang beredar kacang mede tidak sehat dan menyebabkan kegemukan. Disini Anda akan mengetahui fakta sebenarnya.

Selain efek mengenyangkan perut dengan rasanya yang gurih menggigit, ternyata ada banyak khasiat lain dari Mede yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, penasaran kan? Baca aja daftar di bawah ini:

  1. Mencegah Flu, Makan  cup kacang Mede akan memberikan 33% angka kecukupan gizi (AKG) zinc, mineral yang terbukti berkhasiat memfortifikasi system imun yang bekerja terlalu keras. Para periset di Cleveland Clinic menemukan zinc memberantas virus pilek, mengurangi durasi infeksi sampai 57%.
  2. Mengatasi perasaan marah, Makan segenggam kacang Mede memberikan campuran magnesium dan Asam Amino Tryptophan yang dapat membangkitkan semangat. Keduanya meningkatkan produksi zat kimia yang menimbulkan rasa senang: Serotonin. Para periset Swiss menemukan, nutrient ini sama efektifnya dengan obat dalam memerangi rasa sedih.
  3. Melindungi kulit dari stress, Satu saji kacang Mede mengandung 40% AKG copper. Nutrien ini memacu melanin, pigmen penting untuk kulit dan rambut bersinar. Copper juga meningkatkan pertahanan antioksidan terhadap radikal-radikal bebas penyebab kerut dan menstimulir produksi kolagen dan elastin yang menghaluskan kulit.
  4. Mencegah gigi berlubang, Menurut sebuah laporan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, anacardic acid di dalam kacang Mede membunuh bakteri yang mengikis email gigi dan menyebabkan bau mulut.
  5. Sumber Protein, Kacang mede juga merupakan sumber protein yang baik. Karena itu, penambahan kacang Mede ke dalam berbagai produk, seperti es krim, cokelat batangan, atau aneka kue kering (cookies), akan berdampak sangat baik bagi peningkatan kadar protein produk tersebut.

Wah, ternyata kacang Mede banyak manfaatnya untuk kesehatan yah? Sudah ngga takut lagi kan mengkonsumsi kacang Mede?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s